OTOMEDIA Advertising

Apa Itu OOH Advertising? Mengapa Masih Efektif di Era Digital

Pengertian OOH advertising

Halo sobat Otomedia, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita sering kali bertanya, apakah iklan tradisional masih relevan di era digital ini? Nah, salah satu bentuk iklan yang tetap bertahan meski era digital terus berkembang adalah OOH Advertising atau biasa disebut Out of Home Advertising. Lalu, apa sih sebenarnya OOH Advertising itu? mengapa metode ini masih sangat efektif digunakan di tengah maraknya platform digital? Yuk, baca artikel berikut

Apa Itu OOH Advertising?

OOH Advertising adalah jenis periklanan yang mengandalkan media luar ruangan untuk menjangkau audiens. Iklan ini ditempatkan di tempat-tempat umum yang banyak dijangkau oleh orang, seperti media billboard, spanduk, poster di stasiun, hingga layar digital yang ada di jalan raya. Singkatnya, OOH Advertising ini adalah media iklan yang bertujuan untuk menjangkau audiens secara langsung dan memberikan paparan yang luas. Wah sangat powerful bukan?

media ooh otomedia

Jenis-Jenis OOH Advertising

  1. OOH Statis
    Media OOH Ini adalah bentuk paling klasik dari OOH Advertising. Bentuknya bisa beragam mulai dari penempatan di gedung dan poperti, media luar ruangan seperti billboard, dan area public seperti halte bahkan terminal bus. OOH statis memiliki keunggulan yaitu cakupannya yang luas dan visibilitas yang sangat tinggi. Terletak di lokasi strategis seperti jalan utama, sudut-sudut kota, atau bahkan pada pusat keramaian seperti bandara, halte bus, dan stasiun. 
  2. Digital Out of Home (DOOH)
    Berbeda dengan media OOH statis, Media DOOH memanfaatkan teknologi digital, seperti layar LED atau TV digital signage untuk media iklan. Media ini juga biasanya terletak di berbagai lokasi strategi seperti pada halte bus, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung. DOOH sangat efektif dan menawarkan fleksibilitas dalam mengubah pesan iklan secara real-time.
  3. OOH Transportasi
    Media OOH transportasi atau transit OOH adalah Iklan luar ruangan yang dipasang pada kendaraan atau transportasi seperti bus, kereta, taksi, bahkan pesawat terbang. OOH transportasi memungkinkan iklan dilihat oleh orang yang sedang beraktivitas di luar rumah, baik dalam perjalanan ke kantor atau saat sedang berlibur.
 

Mengapa OOH Advertising Masih Efektif di Era Digital?

Mungkin Anda berpikir, “Di zaman serba digital ini, mengapa kita masih perlu OOH Advertising?” Jawabannya sih karena: OOH Advertising adalah media yang akan tetap relevan karena media ini memberikan pengalaman yang berbeda dari platform digital. Berikut hal-hal yang membedakannya

  1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas
    OOH Advertising di desain untuk terhubung dengan berbagai orang di berbagai tempat setiap harinya. Memungkinkan brand untuk menjangkau audiens di luar layar digital. Orang yang mungkin tidak terhubung dengan brand tersebut atau layar digital bisa menemukan iklan OOH di tempat umum.
  2. Tingkat Paparan yang Tinggi
    Iklan OOH yang terpasang di ruang publik atau tempat ramai memiliki visibilitas tinggi. Misalnya, ketika Anda berada di jalan raya atau naik transportasi umum, Anda akan lebih sering terpapar iklan OOH dari pada iklan digital.
  3. Pengalaman Visual yang Berbeda
    OOH Advertising, terutama yang menggunakan media digital, dapat menampilkan konten visual yang menarik dan dinamis. Ini memberi pengalaman yang jauh lebih intens dan mengesankan bagi orang-orang yang sedang berada  di ruang publik.
  4. Meningkatkan Brand Awareness
    OOH Advertising sangat efektif dalam meningkatkan brand recall, terutama dalam jangka panjang. Dengan iklan OOH orang lebih mudah mengingat iklan yang mereka lihat di ruang publik dari pada yang hanya muncul di perangkat digital yang mudah untuk di skip.
 

Tips Memanfaatkan OOH Advertising yang Efektif

Bagi anda yang mau atau tertarik beriklan menggunakan layanan iklan OOH, otomedia punya tips agar strategi OOH Anda tidan sia-sia, berikut diantaranya

  • Pilih Lokasi Strategis: Pastikan iklan Anda dipasang di tempat dengan lalu lintas tinggi, seperti jalan utama atau pusat perbelanjaan.
  • Buat Visual yang Menarik: Gunakan desain yang sederhana namun eye-catching. Dengan hook yang membuat orang tertarik untuk melihat dan membacanya. Iklan yang terlalu ramai seringkali malah sulit dicerna.
  • Manfaatkan Teknologi: Jika memungkinkan, pilih format DOOH yang dapat mengubah pesan secara dinamis dan memiliki visual yang menarik agar lebih relevan dengan audiens saat itu.
  • Personalized Advertising: Dengan adanya teknologi analitik, iklan OOH kini bisa lebih disesuaikan dengan karakteristik audiens atau brand Anda. Misalnya, iklan yang tampil di area perkantoran mungkin memiliki treatment yang  berbeda dengan iklan yang ada di pusat perbelanjaan.
 

banner promosi eiges

Iklan OOH adalah salah satu strategi pemasaran luar ruangan yang tetap efektif di tengah era digital yang serba canggih. Meskipun media digital mendominasi, iklan dengan media luar ruangan tetap memiliki keunggulan dalam hal menjangkau audiens secara luas, meningkatkan brand awareness, serta memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Jika Anda perlu konsultasi atau memanfaatkan Iklan OOH sebagai strategi agar brand Anda bisa tampil lebih menarik dan memiliki jangkauan yang luas Otomedia adalah solusi yang tepat.

Temukan solusi iklan OOH terbaik untuk bisnis Anda hanya di Otomedia dengan berbagai layanan OOH advertising yang tentunya bisa membantu brand mu agar lebih stand out di media luar ruangan

banner aplikasi gooto

Related Article

Apa Itu OOH Advertising? Mengapa OOH Advertising Masih Efektif di Era Digital

Transit OOH Advertising: Iklan di Kendaraan Jadi Pilihan Tepat untuk Promosikan Bisnis!

Apa Itu digital out-of-home (DOOH) Advertising: Strategi Iklan Digital Luar Ruangan yang Efektif

Optimalkan strategi OOH advertising Anda dengan Otomedia

Butuh bantuan?