Halo, sobat Otomedia! Pernah nggak sih, Anda melihat iklan di jalan, di handphone, bahkan di dalam transportasi umum? Pastinya pernah kan, Sebenarnya iklan itu punya banyak sekali jenis, lho. Nggak cuma berdasarkan medianya aja, tapi juga dilihat dari fungsi dan tujuannya. Pada artikel ini kami ajak Anda untuk memahami berbagai jenis iklan dan mana yang paling efektif untuk bisnis agar promosi yang dijalankan brand Anda bisa lebih tepat sasaran.
Sebelum lebih jauh yuk kenali dulu apa sih sebenernya iklan itu? Pengertian Iklan sendiri adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan promosi kepada audiens luas, baik untuk memperkenalkan produk, layanan, ide, atau bahkan brand.
Tujuan utama dari iklan adalah untuk mengajak atau memikat konsumen, mulai dari menciptakan kesadaran, membangkitkan minat, hingga mendorong tindakan seperti membeli produk atau menggunakan layanan tertentu.
Dalam praktiknya, Setiap jenis iklan mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, diantaranya seperti pada:
Jenis iklan yang paling umum dan tentunya sering Anda jumpai dalam aktivitas sehari-hari. Jenis iklan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menarik konsumen agar membeli produk. Contohnya seperti iklan makanan, handphone, hingga kendaraan.
Jenis Iklan yang biasanya dibuat bukan untuk mendapatkan keuntungan secara langsung. Jenis iklan ini sering dipakai oleh lembaga pemerintah, organisasi, atau bahkan yayasan untuk menyampaikan pesan tertentu.
Jenis iklan yang terakhir ini masih termasuk iklan non-komersial, tapi fokusnya lebih kepada edukasi terhadap masyarakat. Jenis iklan ini sering muncul di TV atau media sosial, dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu tertentu.
Baca Juga: Apa Itu OOH Advertising? Mengapa Masih Efektif di Era Digital
Setelah mengenal iklan, sekarang kita ulik lebih detail mengenai media apa saja yang bisa digunakan untuk beriklan. Ada banyak sekali Jenis Iklan Berdasarkan Medianya diantaranya:
1. Iklan Luar Ruang (Out of Home/OOH)
Iklan OOH (Out-of-Home Advertising) adalah Jenis iklan yang menjangkau audiens saat mereka berada di luar ruangan. Iklan ini biasanya ditempatkan di ruang publik seperti pada jalan raya, pusat perbelanjaan, transportasi umum, stasiun, atau tempat-tempat dengan lalu lintas tinggi lainnya.
Contoh media Iklan OOH:
2. Iklan Digital
Iklan digital adalah bentuk periklanan yang menggunakan media digital dan internet untuk menjangkau audiens secara online. Iklan ini bisa muncul di berbagai platform seperti website, media sosial, search engine (google), dan video streaming. Media iklan ini sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan audiens.
3. Iklan Cetak
Iklan media cetak adalah bentuk periklanan yang menggunakan media fisik yang dicetak untuk menyampaikan pesan kepada target audiens. Berbeda dengan OOH atau iklan digital, iklan cetak bersifat tangible (bisa disentuh langsung) dan biasanya ditemukan di media seperti koran, majalah, brosur, atau selebaran.
Contoh iklan dengan media cetak:
Jenis media koran dan majalah menjangkau audiens yang luas dan cepat, selain hadir setiap hari. Targetnya biasanya orang-orang yang suka baca atau bahkan bisa menyasar segmen pasar tertentu
Jenis media brosur dan pamflet adalah media iklan yang ringkas dan mudah dibagikan di tempat umum atau event. Cocok banget buat promosi lokal atau event-event tertentu.
4. Iklan Elektronik
Jenis media iklan elektronik masih jadi andalan banyak brand besar, terutama yang mau menjangkau audiens lebih besar. Media ini bisa mencakup radio, televisi, bioskop, hingga layar digital di tempat umum.
Mengetahui jenis iklan memberikan banyak manfaat, terutama bagi pelaku bisnis yang ingin menyusun strategi promosi secara efektif. Dengan tahu jenis-jenis iklan, Anda bisa lebih tepat sasaran dalam beriklan.
Berikut adalah beberapa manfaat mengetahui jenis-jenis iklan:
Strategi Pemasaran Jadi Lebih Efektif
Setiap bisnis punya kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis iklan yang cocok di satu bisnis, belum tentu cocok di bisnis lain. Sehingga dengan mengetahui jenis-jenis iklan Anda juga dapat lebih mengetahui karakteristik masing-masing iklan membantu dalam meningkatkan strategi pemasaran brand Anda.
Pemilihan Media yang Tepat
Dengan memahami berbagai jenis iklan Anda bisa memilih media yang paling sesuai dengan tujuan brand Anda.
Kenali Target Audiens
Hal penting yang pertama dalam strategi pemasaran untuk memahami siapa yang paling mungkin tertarik, membutuhkan, atau membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Apakah Anak muda, ibu rumah tangga, atau profesional muda?
Tentukan Tujuan Kampanye
Mau dikenal? Mau produk Anda cepat laku? Dengan menentukan Tujuan kampanye membantu Anda memahami apa yang ingin dicapai dari upaya iklan atau komunikasi yang brand Anda lakukan.
Iklan bukan sekadar pasang gambar dan tulisan, lho. Ada strategi di balik semua itu. Dengan tahu jenis iklan berdasarkan fungsi, media, dan tujuan, Anda bisa lebih pintar dalam memilih strategi pemasaran yang lebih efektif untuk keefektivan bisnis Anda.
Nah, buat sobat Otomedia atau pelaku bisnis yang mau tampilin iklan di media yang beda, iklan luar ruang atau OOH bisa jadi solusi yang efektif!
Karena Otomedai hadir sebagai solusi masalah iklan OOH nomer satu di Indonesia dan spesialisasi pada media transportasi umum. Yuk, mulai tentukan jenis iklan yang paling pas buat bisnis Anda! Jangan ragu untuk konsultasikan bisnis Anda di Otomedia sekarang juga!
Apa Itu OOH Advertising? Mengapa Masih Efektif di Era Digital Halo sobat Otomedia, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat,…
Apa Itu OOH Advertising? Mengapa Masih Efektif di Era Digital Halo sobat Otomedia, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat,…