OTOMEDIA Advertising

  • Home
  • »
  • Insight
  • »
  • Media Bus Branding: Strategi Iklan Luar Ruang Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

Media Bus Branding: Strategi Iklan Luar Ruang Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

media-bus-branding

Hai Sobat Otomedia, Ada banyak sekali media beriklan OOH yang efektif. Tapi taukah Anda, ada satu media iklan yang menawarkan solus efektif dalam menjangkau audiens secara luas. 

Pernah nggak sih Anda melihat bus dengan stiker penuh warna yang menampilkan berbagai iklan melintas di jalanan kota? Biasanya bus seperti ini mudah ditemukan di area perkotaan. Nah, kalau Anda pernah melihat yang seperti itu, itulah yang disebut media bus branding!

Faktanya media bus branding bukan cuma mempercantik tampilan bus aja loh, media ini jadi strategi promosi kekinian yang makin digemari banyak brand besar.

Buat Anda yang sedang cari cara promosi yang efektif, hemat biaya, dan mau dapat jangkauan yang luas, yuk kenalan lebih dekat tentang strategi media bus branding

Apa Itu Media Bus Branding?

apa-itu-media-bus-branding

Media bus branding adalah bentuk iklan luar ruang (OOH advertising) yang memanfaatkan transportasi atau kendaraan umum seperti bus sebagai media promosinya. Desain iklan biasanya ditempel pada sisi luar bus, baik sebagian maupun seluruh bodi bus.

Tren memanfaatkan bus sebagai media beriklan ini mulai ramai di Indonesia sejak awal tahun 2000-an, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kini, semakin banyak perusahaan yang memilih media bus branding sebagai media beriklan karena terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan mampu menjangkau ribuan audiens setiap harinya.

Dalam praktiknya, banyak sekali jenis media bus branding yang dipakai oleh berbagai perusahaan untuk beriklan, diantaranya adalah:

  • Bus TransJakarta

Media bus branding dengan TransJakarta sangat efektif untuk menjangkau kawasan padat ibu kota. Rutenya strategis dan melewati area bisnis yang tentunya akan mendapat perhatian oleh ribuan pasang mata setaip harinya.

  • Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi)

Selanjutnya ada media bus branding AKAP, Dengan jangkauan yang luas iklan dengan bus AKAP ini efektif untuk meningkatkan brand awarness atau bisnis yang sedang menjalankan kampanye skala nasional karena menjangkau berbagai kota besar hingga daerah.

  • Bus Kota (Angkutan Umum Perkotaan)

Media bus branding kota adalah solusi untuk promosi bisnis dengan jangkauan luas dan intensitas lalu lintasnya tinggi. Media iklan bus kota banyak ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Semarang. 

  • Bus Wisata

Jenis media bus branding dengan bus pariwisata ini juga menjadi solusi yang efektif karena sering terlihat di tempat wisata atau lokasi strategis. Media bus pariwisata biasanya digunakan untuk iklan musiman atau event tertentu cocok untuk mempromosikan kampanye sebuah bisnis.

Baca Juga: Transit OOH Advertising: Iklan di Kendaraan Jadi Pilihan Tepat Untuk Promosikan Bisnis!

Keunggulan Beriklan dengan Media Bus Branding

keunggulan-media-bus-branding

Kalau berbicara media iklan yang efektif, media bus branding jelas punya banyak keunggulan dibandingkan jenis OOH advertising lainnya. Mulai dari jangkauan yang luas hingga tampilan visual yang mencuri perhatian! Berikut keunggulan beriklan dengan media bus branding.

  • Mobilitas Tinggi dan Fleksibel

Tidak seperti iklan konvensional yang diam di tempat, iklan pada media branding bus bisa keliling kota setiap hari! Karena bus terus bergerak, iklan Anda nggak hanya tampil di satu titik, tapi bisa menjangkau berbagai area strategis mulai dari perkantoran, jalanan yang padat, sampai pusat perbelanjaan.

  • Daya Tarik Visual yang Kuat

Media Bus branding menawarkan visual yang menarik, hal tersebut otomatis mencuri perhatian audiens. Bahkan di jalanan yang padat dan penuh distraksi, iklan bus tetap mampu tampil stand out.

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Dengan tampil mencolok dan ukuran visual yang besar, media bus branding bikin brand Anda jadi pusat perhatian di jalanan. Seringnya iklan ini melintas di depan banyak orang membuat pesan brand Anda makin gampang diingat oleh audiens!

Manfaat Media Bus Branding untuk Beriklan

Strategi dengan media branding bus ini sangat efektif untuk menjangkau audiens yang luas dan beragam, terutama di area perkotaan atau jalur sibuk. Berikut adalah beberapa manfaat utama bus branding untuk beriklan:

  • Eksposur Tinggi & Jangkauan Luas

Iklan menggunakan media Bus menghadirkan eksposure tinggi mulai dari kehadirannya di pusat kota, kawasan perkantoran, hingga daerah, Memungkinkan brand tampil di hadapan ribuan orang setiap harinya.

  • Biaya Efektif untuk Jangka Panjang

Dibandingkan iklan digital yang memerlukan anggaran terus-menerus, bus branding bersifat sekali bayar untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1–12 bulan). Dengan eksposur harian yang tinggi, iklan di bus memberikan nilai CPM yang sangat efisien.

  • Iklan yang Tidak Bisa di Skip

Berbeda dengan iklan digital yang bisa di-skip atau di-block, iklan jenis OOH seperti Media bus branding bersifat tidak bisa dihindari. Bus dengan desain mencolok akan secara otomatis menarik perhatian audiens di jalanan.

  • Targeting Area Spesifik

Brand bisa memilih rute bus yang sesuai dengan lokasi target audiens mereka, misalnya rute yang melewati kampus, kawasan bisnis, atau tempat wisata. Ini membuat strategi lebih tepat sasaran.

Strategi Media Bus Branding yang Efektif

Berikut adalah strategi OOH advertising pada media bus branding yang efektif untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak kampanye iklan yang bisa diterapkan pada bisnis Anda, berikut diantaranya:

  • Tentukan Tujuan Kampanye Secara Spesifik

Mulai dari awareness, edukasi, hingga promosi produk baru. Dengan menentukan tujuan dari iklan yang jelas akan menentukan juga terhadap gaya komunikasi visual, copywriting, dan pemilihan rute pada media bus branding.

  • Pilih Jenis Bus Branding yang Sesuai

tipe-Iklan-media-bus-branding

Ada beberapa tipe Iklan yang bisa di pilih pada media bus branding yang bisa disesuaikan dengan tujuan bisnis Anda:

    1. Full Body: Iklan dengan menutup seluruh badan bus dengan kampanye brand Anda.
    2. Half Body: Iklan yang menutupi setangah dari badan bus memiliki harga yang lebih terjangkau.
    3. Full Back Body: Iklan dengan penempatan pada bagian belakang bus, sangat efektif untuk menjangkau perhatian pengendara selama perjalanan.
    4. Back Window: Iklan yang hanya ada pada bagian kaca belakang bus.

 

  • Menentukan Target Audience

Pastikan Anda tahu siapa audiens yang ingin Anda sasar. Hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana strategi media bus branding dijalankan.

  • Gunakan Data untuk Evaluasi & Pengukuran

Pantau efektivitas kampanye iklan OOH Anda. Analisis dan lihat apakah ikalan dengan media bus branding efektif untuk bisnis Anda atau tidak.

Dengan menentukan strategi yang tepat dan terukur akan membuat iklan yang Anda jalankan akan lebih efektif dan berdampak untuk bisnis Anda. Dengan pendekatan visual yang kuat dan mobilitas tinggi, media ini bisa menjadi andalan dalam meningkatkan awareness dan engagement brand Anda. 

banner promosi eiges

Rekomendasi Jasa OOH Advertising dan Media Bus Branding Terbaik

Buat Anda yang bingung harus mulai dari mana. Tenang, hubungi aja Otomedia, perusahaan OOH Advertising spesialis media transportasi nomor satu di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Otomedia siap bantu kampanye dan promosi bisnis Anda jadi lebih maksimal dan efektif!

Kenapa harus Otomedia?

  • Media branidng bus dengan jenis yang beragam
  • Telah di percaya oleh berbagai brand besar
  • Pilihan rute terluas di seluruh Indonesia.
  • Layanan pemasangan cepat dan aman.
  • Dapatkan monitoring dan laporan performa iklan secara mudah

Optimalkan strategi OOH advertising Anda dengan Otomedia

Related Article

Apa Itu OOH Advertising? Mengapa OOH Advertising Masih Efektif di Era Digital

Transit OOH Advertising: Iklan di Kendaraan Jadi Pilihan Tepat untuk Promosikan Bisnis!

Butuh bantuan?