News & Blog

Our Recent Artciles

article

Bus Branding

Strategi Otomedia Kenalkan Pemasangan Iklan Berjalan Di Kendaraan Umum

JAKARTA, INewsMedan.Id | Redanya Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Berbagai Transportasi Umum Di Ibu Kota Yang Kembali Diminati Dan Menjadi Pilihan Masyarakat.

Kamis, 26 Oktober 2023

JAKARTA, iNewsMedan.id | Redanya Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai transportasi umum di ibu kota yang kembali diminati dan menjadi pilihan masyarakat. Jumlah pengguna transportasi umum multimoda pun akhirnya kembali tumbuh di kota-kota besar seperti di Jakarta. Berdasarkan data dari Pemprov DKI, jumlah perjalanan dengan menggunakan transportasi umum mencapai 5.735.712 orang per hari.


CEO of Otomedia Ira Novita mengatakan, melihat tingginya peluang tersebut, semakin banyak brand yang mulai mengiklankan produk atau jasanya pada kendaraan umum.

"Pemasangan iklan pada kendaraan umum atau yang biasa disebut dengan transportation advertising merupakan salah satu primadona OOH (out of home) advertising saat ini karena berbagai macam kelebihan yang ditawarkan," katanya, Kamis (26/10/2023).

Transportation Advertising merupakan cara untuk meletakkan iklan di transportasi umum seperti kereta api dan bus dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa, yang tidak hanya dilihat oleh penumpang kendaraan umum tersebut saja, tetapi juga mampu menjangkau para pengguna jalan lainnya yang berpapasan dengan kendaraan umum tersebut.


Otomedia sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri periklanan pun menjelaskan beberapa manfaat dalam memilih transportasi umum sebagai media beriklan.

Berikut ulasannya:

  1. Menjangkau Berbagai Audiens
  2. Dengan metode ini, brand dapat memperluas jangkauannya. Transportasi publik beroperasi sepanjang hari, membawa penumpang dari berbagai demografi dan profesi yang berbeda. Hal ini sangat cocok untuk brand yang ingin mendapatkan exposure luas dan ingin menyasar semua kalangan.

  3. Tidak Mudah Dilewatkan
  4. Periklanan di transportasi umum memberikan jaminan bahwa iklan brand tidak akan di-skip atau di lewati begitu saja seperti beriklan di platform digital. Sifat dari paparan iklan yang lama, sehingga iklan pasti akan dilihat dan diperhatikan oleh khalayak luas.

  5. Biaya Lebih Terjangkau
  6. Iklan di transportasi umum relatif lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan pemasangan iklan pada media lainnya seperti televisi, radio, billboard, dan media cetak. Brand dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau.


    Otomedia sendiri telah bergerak di bidang transportation advertising sejak satu dekade lalu atau tepatnya dari tahun 2012, saat ini Otomedia memiliki ekosistem transportasi umum lengkap yang dapat digunakan oleh pihak brand seperti angkutan umum milik pemerintah (KRL, Busway) maupun bus antar kota milik swasta. Untuk cakupan wilayah sendiri saat ini telah menjangkau 38 provinsi atau seluruh wilayah Indonesia, bahkan sejak bulan Agustus 2023 lalu Otomedia juga telah merambah ke negara-negara ASEAN lainnya.


    "Beriklan di transportasi dapat menjadi solusi bagi brand yang ingin mendapatkan exposure secara optimal. Transportasi umum memiliki tingkat pergerakan yang tinggi, sehingga iklan dari brand akan dibawa ke berbagai penjuru kota bahkan bisa hingga luar daerah. Transportation advertising di Otomedia memungkinkan brand untuk menjangkau khalayak lebih luas dengan harga relatif terjangkau, bahkan akan semakin efektif lagi apabila dipadankan dengan desain visual dan komunikasi menarik," tutup Ira Novita.