MEDIA PLANNER
MEDIA PLANNER adalah proses pemilihan dan penyusunan suatu strategi sebelum melakukan pemasaran serta sesudahnya melakukan evaluasi apakah proses promosi yang dibuat dan dilakukan efektif & efisien.
Media Planner Otomedia dalam menyesuaikan serta mengkombinasikan pesan yang hendak disampaikan Brander (Pemilik Merek) kepada audiens dengan cara melakukan survei pasar demi mendapatkan data yang lengkap, analisis target market, penelitian yang detail, identifikasi, proses membandingkan, perencanaan, dan penyusunan anggaran yang efisien menjadi target utama Otomedia
Proses Media Planner adalah :
AUDIENS
Jika Anda ingin memasarkan produk, Anda harus mengetahui siapa audiens yang menjadi target pemasaran Anda. Karena informasi tentang audiens menjadi bekal dasar yang penting untuk mengembangkan produk. Informasi seperti umur, pendapatan, dan media yang sering diakses oleh audiens dapat dijadikan acuan awal untuk membuat perencanaan.
Jika sudah mengetahui siapa audiens maka hasil tersebut dapat digunakan untuk menargetkan pemasaran sesuai dengan audiens yang tepat.
BIAYA MARKETING
Biaya marketing atau yang biasa disebut marketing cost, adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan suatu produk dari awal sampai akhir produksi. Hal ini harus dihitung matang-matang sebelum membuat media planning. Efisiensi & Efektif adalah pondasi seorang Media Planner Otomedia dalam pengajuan proposal media planning
TUJUAN YANG DICAPAI
Untuk membuat media planning, tidak hanya biaya yang harus diperhitungkan. Tetapi juga harus mengetahui tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya tujuan, maka sebuah perencanaan akan lebih terarah dan jelas. Termasuk tujuan penyelenggaraan sampai mencapai goals yang diinginkan
JANGKAUAN PESAN
Jangkauan pesan ini meliputi jumlah orang yang ingin dicapai. Jangkauannya bisa tersebar secara luas atau hanya lingkup tertentu saja, contohnya hanya wilayah tertentu saja yang ingin dijangkau atau tersebar luas ke seluruh wilayah di nusantara. Tidak hanya banyaknya orang, tetapi juga seberapa lama dapat terus mengembangkan jangkauan tersebut. Semua itu tergantung dari perencanaan yang ingin buat.
FREKUENSI PESAN
Frekuensi pesan, seperti namanya hal ini berhubungan dengan jumlah tayangan iklan yang dituju ke audiens sebagai target pemasaran. Hal-hal seperti jumlah iklan, tingkat penyebaran iklan (sering atau tidaknya) semua itu harus diperhatikan dan direncanakan dengan matang. Sehingga akan tercapai tujuan dari media planning yang diinginkan.
Media Planner Akan Membuat Media Planning :
RISET PASAR
Riset pasar merupakan proses analisis kelayakan pemasaran untuk suatu produk dengan melibatkan konsumen yang relevan. Oleh karena itu, riset pasar memiliki pengaruh yang cukup besar, karena hal ini dapat menentukan kesuksesan dari perencanaan yang dibuat. Hal ini berhubungan juga dengan audiens yang menjadi target pasar strategi pemasaran produk. Dengan melakukan riset pasar akan dapat mengetahui audiens yang cocok untuk produk, dan layanan bisnis yang sedang kembangkan.
TUJUAN
Sama halnya dengan komponen dari media planning, menetapkan tujuan yang spesifik juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan bisnis. Menentukan tujuan dalam media planning dapat memudahkan untuk melaksanakan berbagai campaign dan konten yang telah dirancang dan yang akan diiklankan.
Selain meningkatkan penjualan, apa pula tujuan lain yang dapat direalisasikan yaitu dengan meningkatkan brand awareness agar konsumen lebih mengenal produk dan dapat meningkatkan jumlah orang yang akan menggunakan produk.
TEMPLATE MEDIA
Template media juga dapat mempengaruhi pembuatan media planning. Pemilihan template yang sesuai dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ciri khas dari produk. Template media ini akan memudahkan dalam menyelenggarakan berbagai campaign di media yang akan digunakan. Dengan adanya template media perencanaan akan tergambar dan tersusun dengan baik.
EKSEKUSI & RENCANA
Langkah terakhir adalah mengeksekusi rencana yang sudah disusun dari langkah 1-3 di atas. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari pemasaran, lakukan evaluasi tingkat keberhasilan rencana tersebut. Sampai di sini, apakah kamu sudah bisa memahami tentang media planning dengan baik? Kalau sudah, kamu bisa mulai menerapkannya untuk memasarkan produk atau bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini.